dc.description.abstract |
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui pengembangan
media video pembelajaran berbasis video pembelajaran pada materi bilangan di
SMPS taman siswa Medan. Untuk meningkatkan hasil belajar jarak jauh siswa
SMP materi bilangan. Model pengembangan yang dipakai dalam pengembangan
ini adalah model ADDIE yang sudah dimodifikasi dari 5 tahapan menjadi 4
tahapan yaitu analysis (analisis), Design (perancangan), Development
(pengembangan) dan implementation (implementasi). Subjek dari penelitian ini
iyalah dibuat dalam kelas kecil yaitu siswa SMPS taman siswa Medan kelas VII.
Kelayakan video pembelajaran matematika ini merujuk kepada hasil penilaian
video pembelajaran oleh para ahli maedia, ahli materi dan gru pelajaran
matematika. Video pembelajaran matematika yang sudah dikembangkan
mendapatkan perolehan nilai oleh ahli media dengan perolehan nilai 90 dengan
kategori kelayakan ”sangat valid” dan peniliaan video pembelajaran dari ahli
materi dengan perolehan nilai 80 dikategorikan “sangat valid” dan terakhir
penilaian dari guru matematika dengan perolehan nilai 80 dikategorikan”sangat
valid ”. Kemudian penilaian RPP dari ahli Media dengan penilaian 90 dengan
kategori kelayakan “sangat valid”. Penilaian dari ahli materi diperoleh nilai 80
dengan kategori kelayakan “sangat valid” dan dari guru matematika dengan
perolehan nilai 78 Dikategorikan “sangat valid “ Hasil analisis keefektifan siswa
menggunakan video pembelajaran jarak jauh diproleh rata- rata 88,6 dengan
kategori penilaian “sangat baik”. |
en_US |