Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan konsep
manajemen mutu berbasis sekolah, untuk mengetahui peningkatan kemampuan
mengajar guru di sekolah SMK Awal Karya Pembangunan Galang. Penelitian ini
dilaksanakan disekolah SMK Awal Karya Pembangunan Galang di
Jln.Perjuangan Lingkungan 7 (Kampung Agam). Kelurahan. Galang Kota,Kab.
Deli Serdang. Adapun populasi nya seluruh guru SMK Awal Karya Pembangunan
yang berjumlah 150 guru terdiri dari 63 guru laki-laki dan 87 guru perempuan,
sedangkan jumlah sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 10% dari jumlah
populasi yang ada 150 guru dengan demikian jumlah sampel yang diteliti dalam
penelitian ini adalah sebanyak 10% x 150 = 15. Instrument yang digunakan dalam
penelitian ini adalah observasi dan angket dimana angket yang berisi 10 item
pertanyaan. Teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian inin adalah
distribusi frekuwensi, dan korelasi product moment dengan hasil ini dapat
diketahui bahwa pengaruh penerapan konsep manajemen mutu berbasis sekolah
terhadap kemampuan mengajar guru di SMK Awal Karya Pembangunan Galang
memiliki pengaruh sebesar 38%. Berdasarkan analisis penulis diketahui bahwa
terdapat pengaruh penerapan konsep manajemen mutu berbasis sekolah terhadap
kemampuan mengajar guru di SMK Awal Karya Pembangunan Galang yang
menunjukan koefisien korelasi sebesar 0,57 dan termasuk kategori SEDANG. Hal
ini ditunjukan jika nilai sig 0,57 > 0,514 hipotesis dalam penelitian ini adanya
Pengaruh Penerapan Konsep Manajemen Mutu Berbasis Sekolah Terhadap
Kemampuan Mengajar Guru di SMK Awal Karya Pembangunan Galang Tahun
2017 – 2018.