DSpace Repository

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DI SMP TAMANSISWA =EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DI SMP PEMATANGSIANTAR (ANALISIS DAMPAK BAGI TAMANSISWA PEMATANGSIANTAR (ANALISIS PRESTASI BELAJAR SISWA)

Show simple item record

dc.contributor.author MURNIATI
dc.date.accessioned 2021-11-27T06:06:58Z
dc.date.available 2021-11-27T06:06:58Z
dc.date.issued 2021-08-03
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16383
dc.description.abstract Adanya pandemic Covid-19 yang melanda seluruh negeri dibelahan dunia termasuk Indonesia, maka pemerintah membuat keputusan untuk meliburkan para peserta didik, memindahkan proses belajar mengajar dirumah dengan menerapkan kebijakan Work From Home (WFH). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran daring berbasis media on line, untuk mengetahui bagaimana efektivitas pembelajaran daring terhadap prestasi belajar, untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi kendala dan hambatan dalam pembelajaran daring di SMP Tamansiswa Pematangsiantar. Rancangan dalam penelitian ini adalah kualitatif lapangan dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru, Siswa dan orangtua siswa. Tehnik pengumpulan data secara observasi, wawancara dan dokumen. Temuan penelitian bahwa selama pelaksanaan model daring di SMP Tamansiswa Pematangsiantar, peserta didik memiliki pembelajaran media online dan memiliki keleluasaan waktu untuk belajar. Efektivitas pembelajaran daring di SMP Tamansiswa Pematangsiantar adalah komunikasi terbangun antar guru dan siswa dalam proses pembelajaran, Siswa mampu mengelola waktu secara mandiri meski belajar dirumah lebih banyak bekerja dengan membuat catatan dan mengerjakan tugas, siswa lebih banyak bersosialisasi dengan keluarga dirumah, serta teman-teman sekelas melalui jaringan atau media sosial. Hasil penelitian ini sejalan dengan pendapat dan temuan-temuan penelitian terdahulu. Pembelajaran daring merupakan pendidikan formal yang diselenggarakan oleh sekolah yang siswa dan guru berada dilokasi yang berbeda sehingga memerlukan sistem komunikasi interaktif untuk menghubungkan keduanya dan berbagai sumber daya yang dibutuhkan didalamnya. Pembelajaran ini dapat diakukan dimana saja dan kapan saja tegantung pada ketersediaan alat pendukung yang digunakan. Adapun kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran daring diantaranya adalah penggunaan media daring memerlukan biaya yang besar; kendala jaringan, cuaca dan lampu padam akan mengganggu jalannya aktivitas pembelajaran; kuota internet, merupakan kendala yang cukup berat bagi siswa; Motivasi belajar siswa akan cenderung menurun jika guru dan orang tua siswa tidak melakukan kontrol siswa belajar di rumah secara intensif en_US
dc.subject efektivitas en_US
dc.subject , pembelajaran daring en_US
dc.subject prestasi belajar en_US
dc.title EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DI SMP TAMANSISWA =EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DI SMP PEMATANGSIANTAR (ANALISIS DAMPAK BAGI TAMANSISWA PEMATANGSIANTAR (ANALISIS PRESTASI BELAJAR SISWA) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account