dc.description.abstract |
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengentahui keefektifitas layanan bimbingan kelompok melalui teknik sosiodrama untuk meningkatkan perilaku sopan santun siswa di kelas XI SMA Harapan Mekar tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian tindakan (action research), yang dilaksanakan dalam dua siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi pada setiap tindakan yang telah dilaksanakan. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMA Harapan Mekar yang berjumlah 9 orang siswa. Sumber data di dapat dari hasil wawancara dengan guru bimbingan konseling dan siswa, observasi, angket, dan dokumentasi. Penerapan layanan bimbingan kelompok melalui teknik sosiodrama untuk meningkatkan perilaku sopan santun siswa memiliki pengaruh yang signifikan untuk meningkatkan perilaku sopan santun siswa kelas XI SMA Harapan Mekar. Dalam pelaksanaan prasiklus jumlah persentase 22,2% dan di siklus I dengan jumlah persentase 66,7% serta pada siklus II pelaksanaan layanan yang diberikan oleh peneliti dengan teknik berhasil mencapai persentase 88,9%. Jika dibandingkan dengan hasil persentase sikus I, teknik sosiodrama dalam meningkatkan perilaku sopan santun siswa setelah melaksanakan tindakan pada siklus II terjadi peningkatan yang artinya perilaku sopan santun siswa meningkat. Oleh karena itu, perilaku sopan santun siswa yang rendah dapat diatasi dengan layanan bimbingan kelompok melalui teknik sosiodrama kelas XI SMA Harapan Mekar |
en_US |