Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan skor dalam
meningkatkan penyesuaian diri siswa kelompok eksperimen sebelum dan setelah
diberikan perlakuan layanan informasi menggunakan pendekatan CTL Dengan
kelompok kontrol sebelum dan setelah diberikan perlakuan layanan informasi
menggunakan metode ceramah. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif
dengan tipe penelitian eksperimen. Objek peneliti adalah siswa kelas X TKJ 1
SMK Muhammadiyah 18 P.Berandan, dengan teknik pengumpulan data,
observasi, wawancara. Dalam penelitian ini terbagi dua kelompok yaitu kelompok
kontrol yang berjumlah 15 orang dan kelompok eksperimen yang berjumlah 15
orang. Kedua kelompok tersebut diukur sebelum dan sesudah perlakuannya
dengan menggunakan angket (kuesioner) yang berisi tentang 20 pernyataan
penyesuaian diri dengan model skala likert. Adapun desain yang digunakan yaitu
One-Grup Pretest-Posttest Desain. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan
aplikasi SPSS ( Statistical Product and Service Solution) for windows release
20.0. Berdasarkan hasil penelitian 1) Terdapat perbedaan yang positif dan
signifikan dalam meningkatkan penyesuaian diri siswa pada kelompok
eksperimen sebelum (pretest) dengan rata-rata 39 (Rendah) dan sesudah (posttest)
dengan rata-rata 83,8 (Tinggi) diberikan layanan informasi menggunakan
pendekatan Contextual Teaching and Learning dengan teknik wilcoxon signed
ranks test. 2) Terdapat perbedaan yang positif dan signifikasi dalam
meningkatkan penyesuaian diri siswa pada kelompok kontrol sebelum (pretest)
dengan rata-rata 42 (Rendah) dan sesudah (posttest) dengan rata-rata 70.8 (
Tinggi) diberikan layanan informasi menggunakan metode ceramah dengan teknik
wilcoxon signed ranks test. 3) Terdapat perbedaan yang positif dan signifikasi
dalam meningkatkan penyesuaian diri siswa dengan menggunakan pendekatan
Contextual Teaching and Learning dibandingkan dengan metode ceramah yang
dibuktikan pada skor skor rata-rata Posttest kelompok kontrol yaitu 70.8 dan 83.8
merupakan hasil nilai rata-rata posttest kelompok kontrol dengan teknik smirnov
2independent sampels.