Abstract:
Metode Drill merupakan pembelajaran yang berpusat pada latian yang
menyebabkan siswa akan memperoleh ketangkasan dan kemahiran dalam
melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang dipelajarinya untuk melakukan
latihan siswa harus diberi pengertian sebelum diadakan latihan, siswa
melakukan latihan untuk mencapai tujuan. Penerapan metode Dril ini sangat
membantu dalam perihal mengajar dan mendidik siswa dalam perihal agama
khususnya Mata pelajaran Tharahah.
Mata pelajaran Tharahah merupakan mata pelajaran yang khusus untuk
siswa yang akan menjelang remaja di SMP IT Baiti Janati tempatnya di daerah
Medan Sunggal. Bedasarkan dari hasil penelitian di sekolah SMP IT Bakti
Jannati bahwa metode drill dalam penerapannya sangat bagus dan baik untuk
meninjau ketangkasan dan keuletan proses belajarnya siswa, namun terkadang
penerapan metode ini tidaklah selalu diterapkan oleh guru bida studi disebabkan
banyaknya kesibukan guru yang terkadang lupa untuk menanamkan penerapan
metode tersebut.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode kualitatif
yang bersifat deskriftif dimana ada proses Tanya jawab kepada guru dan siswa
sebagai proses adanya observasi kesekolah. Proses pembelajaran sebelumnya
banyak siswa yang tidak aktif dalam belajar khususnya pada bidang studi
Tharahah sehinnga adanya pengenalan untuk penerapan metode Drill sebagai
tahap untuk menggkatkan siswa aktif dalam belajar