Abstract:
Jenis penelitian ini menggunakan pengembangan Research and Development
(R&D). Penelitian pengembangan ini dilakukan untuk menghasilkan produk dan
mengetahui validitas, respon siswa terhadap E – modul sebagai bahan ajar
alternatif siswa yang telah dihasilkan. Produk ini dikembangkan dengan
menggunakan model ADDIE yang dimodifiksi menjadi 3 tahap yaitu analisis
(analysis), perancangan (design), dan pengembangan (development). Penelitian ini
mengembangkan E – modul Matematika Sebagai Bahan Ajar Alternatif Siswa
Pada Materi Himpunan Di SMP Muhammdiyah 8 Medan. Subjek dari penelitian
ini adalah siswa kelas VII – SMP yang terdiri dari 10 siswa, dimana peneliti
memilih responden berdasarkan skala kecil. E – modul yang telah dibuat
memehuni kriteria kevalidan yang ditunjukan dengan menggunakan lembar
validasi ahli media dan ahli materi. Hasil validasi ahli media mencapai skor ratarata 3.06 dengan kriteria valid, dan hasil validasi ahli materi mencapai skor ratarata 3.15 dengan kriteria valid. Aspek kemenarikan berdasarkan respon siswa
mencapai skor rata-rata 3.43 dengan kategori menarik. Berdasarkan hasil
penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa e –
modul matermatika sebagai bahan ajar alternatif siswa pada materi himpunan
layak dan menarik untuk digunakan yang ditinjau dari aspek kevalidan dan respon
siswa.