dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul
menggunakan mode lcreative problem solving(CPS) pada materi segi empat
dan segitiga tingkat SMP/MTs.CPS ialah variasi dari pembelajaran
penyelesaian masalah dengan teknik yang sistematis dalam
mengorganisasikan gagasan kreatif untuk menyelesaikan suatu
permasalahan.Open-ended problem adalah sebuah pendekatan penyajian
masalah terbuka. Subjek uji coba yang diambil menggunakan teknik
purposive sampling terhadap siswa kelas VII SMP Swasta Al-Washliyah.
Metode yang digunakan didalam penelitian ini ialah penelitian
pengembangan dengan model 4-D dari Thiagarajan
(Define,Design,Develop,danDisseminate).
Hasil penelitian menurut penilaian ahl menunjukkan bahwa bahan ajar yang
dikembangkan mempunyai kriteria baik berdasarkan kualitas aspek cakupan
materi, bahasa, teknik penyajian, tahapan model pembelajaran creative
problem solving (CPS), dan penilaian pembelajaran. Adapun penilaian
menurut respon siswa berdasarkan kualitas aspek kesesuaian konten materi,
kondisi fisik, dan manfaat penggunaan mempunyai kriteria baik. Dengan
demikian, bahan ajar ini termasuk ke dalam kriteria baik dan bias digunakan di
dalam pembelajaran matematika kelasVII. |
en_US |