Abstract:
Bimbingan Kelompok di dalam penelitian ini adalah layanan yang digunakan
secara berkelompok dengan seorang pemimpin kelompok dan anggota kelompok
yang bertujuan untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Penelitian ini ditujukan
untuk siswa kelas VIII yang ingin meningkatkan hubungan sosialnya dengan
teman sebaya. Instrument penelitian yang digunakan didalam penelitian ini adalah
observasi dan wawancara. Objek yang digunakan dalam penelitian ini ialah
sebanyak 8 orang siswa yang diambil dengan menggunakan teknik purposive
sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Pelaksanaan layanan dilakukan sebanyak 2 siklus dalam layanan bimbingan
kelompok. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah yaitu perencanaan,
tindakan, observasi dan refleksi. Hasil dari penelitian ini yaitu Setelah
memberikan tindakan kegiatan bimbingan kelompok sebanyak dua kali kepada
siswa kelas VIII2 SMP Negeri 2 Air Joman Tahun Pembelajaran 2020/2021 dan
juga berdasarkan peningkatan hubungan sosial siswa maka dapat ditarik
kesimpulan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan hubungan
sosial yang baik antar teman sebaya melalui layanan bimbingan kelompok di kelas
VIII SMP Negeri 2 Air Joman Tahun Pembelajaran 2020/2021.