Abstract:
Media pembelajaran adalah segala sesuatu berupa fisik maupun teknis dalam proses pembelajaran yang dapat membantu guru dalam mempermudah untuk menyampaikan materi pelajaran kepada siswa sehingga memudahkan pencapaian tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan oleh pengajar. Tujuan penelitian pengembangan ini Untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis powtoon pada materi himpunan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ADDIE dengan lima tahap pengembangan yaitu analisis, perencanaan, pengembangan, penerapan dan evaluasi. Namun, di penelitian dimodifikasi dari 5 tahap menjadi 3 tahap yaitu analisis, perancangan ,dan pengembangan. Subjek dalam penelitian dan pengembangan ini adalah peserta didik kelas VII SMP IT Muhammadiyah Simpang Empat, dua ahli materi yang terdiri dari satu orang dosen ahli materi dan guru matematika sebagai validator kelayakan media pembelajaran, satu ahli media yaitu dosen ahli media. .Hasil penelitian ini adalah adalah media pembelajaran matematika berupa video animasi berbasis powtoon. Kelayakan media dikatakan valid oleh ahli materi dan ahli media dan mendapatkan respon yang baik. Berdasarkan dari hasil analisis data, nilai rata-rata yang diperoleh dari ahli materi 4,52 dan ahli media 4,6. Dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran matematika memenuhi syarat kevalidan dari media pembelajaran dan termasuk dalam kategori sangat baik.