Abstract:
Layanan bimbingan kelompok merupakan layanan yang diberikan oleh guru BK melalui suasana kelompok. Dimana didalamnya terdapat pemimpin kelompok (Guru BK) dan anggota kelompok (peserta didik), dan memanfaat dinamika kelompok yaitu didalam bimbingan kelompok bisa melakukan interaksi, memberikan tanggapan, memberikan saran dll. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perbedaan skor untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelompok eksperimen sebelum dan setelah diberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok menggunakan metode problem solving. Dengan kelompok kontrol sebelum dan setelah diberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian eksperimen.Objek peneliti adalah siswa kelas XI IPS MAS PAB 4, dengan teknik pengumpulan data dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian 1) Terdapat perbedaan yang signifikan tentang kemampuan berpikir kristis siswa pada kelompok eksperimen, sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan meode problem solving. 2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelompok kontrol, sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan metode problem solving. 3) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelompok eksperimen yang diberikan layanan ibimbingan kelompok dengan metode problem solving..