Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matematika
berbasis E-modul interaktif pada materi integral di SMA kelas XII serta
mengetahui kelayakan bahan ajar E-modul interaktif sebagai sumber belajar yang
dikembangkan di tinjau dari aspek materi, tampilan, dan pengoperasian
berdasarkan penilaian para ahli. Sampel dalam penelitian ini ialah siswa kelas XII
SMA Swasta Harapan Mekar yang berjumlah 10 orang. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian dan pengembangan ( Research and
Development). Model pengembangan pada Penelitian ini menggunakan metode
pengembangan perangkat pembelajaran model 4D. Instrumen penelitian yang
digunakan yaitu Studi Pendauuan dan Validasi Ahli. Teknik analisis data yang
digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kuaitatif. Hasil penelitian berupa
bahan ajar berbasis e-modul interaktif pada materi integral yang layak digunakan.
Kelayakan yang diperoleh dari validasi ahli materi dan ahli media adalah kategori
layak digunakan dengan persentase penilaian materi 86,45% dan penilaian media
90,7% dengan kriteria baik sekali. Respon siswa terhadap bahan ajar yang
diperoleh melalui uji coba kelompok kecil juga sangat baik dengan persentase
85,7%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis e-modul interaktif
pada materi integral SMA Kelas XII layak digunakan sebagai bahan ajar.