Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar Matematika
materi lingkaran melalui strategi Everyone Is A Teacher Here pada siswa kelas
VIII SMP Swasta Pelita Medan T.P 2017/2018. Penelitian dilakukan dengan
menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah Siswa
kelas VIII SMP Swasta Pelita Medan T.P 2017/2018. Data dikumpulkan dengan
metode observasi dan dokumentasi. Rancangan penelitian tindakan yang dipilih
yaitu model siklus terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi unsur perencanaan
(planning), pelaksanaan (acting), observasi (observing) dan refleksi (reflecting).
Hasil penelitian ini menunjukkan keaktifan belajar siswa pada pra siklus
hanya 18,1% dan meningkat pada siklus I menjadi 46,0% selanjutnya meningkat
ke siklus II dengan persentase 73,3%. Dari Pra siklus sampai siklus II terjadi
peningkatan keaktifan siswa yang signifikan. Jadi dapat disimpulkan bahwa
hipotesis penelitian terbukti, yaitu “Strategi Everyone Is A Teacher Here dapat
meningkatkan keaktifan belajar Matematika materi Lingkaran pada siswa SMP
Swasta Pelita Medan T.P 2017/2018.