dc.description.abstract |
Sebelum penelitian ini dilakukan instrumen penelitian terlebih dahulu
diujicobakan, dilanjutkan dengan uji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran dan daya
pembeda soal. 1) Hasil uji coba soal angket minat belajar diperoleh 23 butir angket valid
dari 25 butir total angket yang diujicobakan dengan koefisien reliabilitas = 1,0 termasuk
kategori sangat tinggi, 2) Hasil uji coba soal angket Konsep Diri diperoleh 23 butir angket
valid dari 25 butir total angket yang diuji cobakan, koefisien reliabilitas = 1,0 termasuk
kategori sangat tinggi, 3) Hasil uji coba tes Hasil Belajar Bahasa Arab diperoleh 22 butir
tes valid dari 25 butir total tes yang diujicobakan dengan koefisien reliabilitas = 0,945
termasuk kategori sangat tinggi, indeks kesukaran terdapat 8 butir kategori soal mudah,
14 butir soal sedang dan 3 soal kategori sukar. Daya beda soal terdapat 5 butir soal
dalam kategori baik, 12 butir soal dalam kategori cukup dan 8 butir dalam kategori
jelek. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan: 1) Terdapat Hubungan yang
positif dan berarti antara Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab dengan
besar korelasi rx1y = 0,523 > rtabel = 0,367 dan thitung = 3,188 > ttabel = 1,699. 2) Terdapat
Hubungan yang positif dan berarti antara Konsep Diri terhadap Hasil Belajar Bahasa
Arab dengan besar korelasi rx2y = 0,525> rtabel = 0,367 dan thitung = 3,145 > ttabel = 1,699. 3)
Terdapat Hubungan yang positif dan berarti antara Minat Belajar dan Konsep Diri
terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab dengan besar korelasi ganda diperoleh Rxy(1.2) =
0,827 > rtabel = 0,367 dan uji keberartian korelasi dengan menggunakan Uji-F diperoleh
Fhitung = 28,179 > Ftabel = 3,370. Dengan demikian Minat Belajar dan Konsep Diri
mempunyai Hubungan yang positif dan berarti terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab. |
en_US |