Abstract:
Penelitian pengembangan ini dilakukan untuk menghasikan produk, mengetahui validitas, dan respon siswa terhadap bahan ajar lembar kerja peserta didik yang telah dihasilkan. Penelitian ini mengembangkan sebuah Lembar Kerja Peserta Didik matematika berbasis kemampuan pemahaman matematis dengan pendekatan worked example pada materi sistem persamaan linear dua variabel yang dapat menjadi alternatif meminimalkan muatan kognisi siswa dan memberikan pemahaman kepada siswa. Subjek dari penelitian ini dalah siswa kelas VIII-2 SMP Swasta PAB 3 Saentis yang terdiri dari 10 siswa, dimana peneliti memilih reponden berdasarkan skala kecil. Metodologi yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan yang dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE terdiri atas lima langkah, yaitu: (1) analisis (analysis), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (development), (4) implementasi (implementation), dan (5) evaluasi (evaluation). Namun pada penelitian ini dilakukan sampai tahap pengembangan (development). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lembar kerja peserta didik matematika berbasis kemampuan pemahaman matematis dengan pendekatan worked example pada materi sistem persamaan linear dua variabel menurut validasi ahli media berada pada persentase 80 % dengan kategori validasi baik, atau layak digunakan tanpa revisi dan validasi ahli materi berada pada persentase 87 % dengan kategori validasi baik, atau layak digunakan tanpa revisi. Sedangkan untuk RPP menurut validasi ahli media dan ahli materi berada pada persentase 82,22 % dengan kategori baik, atau layak digunakan tanpa revisi. Serta menurut respon siswa berada pada persentase 86 % dengan kriteria sangat baik, dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Sehingga dengan adanya data tersebut, penelitian ini dapat memenuhi asumsi bahwa lembar kerja peserta didik matematika berbasis kemampuan pemahaman matematis dengan pendekatan worked example pada materi sistem persamaan linear dua variabel layak digunakan dan efektif ditinjau dari muatan kognisi dan pemahaman siswa dalam proses pembelajaran.