Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran online berbasis aplikasi yang dipakai dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (daring), mengetahui kelayakan media, dan mengetahui peningkatan minat belajar setelah menggunakan media pembelajaran online berbasis aplikas Kahoot pada materi Fungsi dan Fungsi Grafik, Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers, dan Trigonometri mata pelajaran Matematika di kelas X IPA-1 SMA Free Methodist 1 Medan. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development (R and D) dengan metode pengembangan menggunakan model Waterfall, yang meliputi tahap (1) Analisis kebutuhan. (2) Desain. (3) Implementasi. (4) Pengujian. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes dan angket. Sedangkan teknis analisis data yang digunakan berupa lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, angket respon penilaian siswa dan analisis butir soal. Hasil validasi dari ahli materi mendapatkan persentase akhir sebesar 82% dengan kriteria sangat layak. Hasil validasi dari ahli media mendapatkan pesentase akhir sebesar 83% dengan kategori layak untuk digunakan. Validitas dari hasil uji coba diperolah uji kelompok kecil 6 soal yang tidak valid dan pada penerapan kelas eksperimen 2 soal yang tidak valid, reliabilitas yang diperoleh pada tahap pertama sebesar 0,924 dan pada tahap kedua sebesar 0,846. Pada penilaian siswa memperoleh persentase akhir sebesar 81% dengan kriteria sangat menarik. Disimpulkan bahwa media pembelajaran berbentuk test online yang dikembangkan sangat layak sebagai media pembelajaran online yang baik digunakan dalam pembelajaran matematika.