Abstract:
Bimbingan Kelompok dalam penelitian ini merupakan proses pemberian bantuan kepada individu melalui suasana kelompok (dinamika kelompok) yang memungkinkan setiap anggota untuk berpartisipasi aktif dan berbagai pengalaman dalam upaya pengembangan wawasan, sikap dan keterampilan yang diperlukan dalam upaya mencegah timbulnya masalah atau dalam upaya pengembangan pribadi. Hal ini sejalan dengan teori karir menurut Super yang mengatakan bahwa yang menyatakan bahwa konsep diri individu memainkan peranan utama dalam pemilihan karir seseorang. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok dalam Membantu Kesiapan Karir Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Medan. Instrumen yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Objek dalam penelitian ini berjumlah 8 orang siswa diambil dari kelas IX-3 berdasarkan data yang diperoleh dari guru BK. Pelaksanaan layanan dilakukan dalam dua siklus layanan bimbingan kelompok. Desain penelitian dalam penelitian ini yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis datayang telah diuraikan, dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan dan kelompok yang di terapkan di kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Medan Tahun Ajaran 2020/2021 dapat membantu kesiapan karir siswa.