DSpace Repository

Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Assertive Training untuk Peningkatan Sikap Kooperatif Siswa Kelas VIII SMP Dharmapancasila Medan Tahun Ajaran 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.author Ibnu, Mhd Khuzaifah
dc.contributor.author Nur, Zaharuddin
dc.date.accessioned 2021-10-18T04:33:00Z
dc.date.available 2021-10-18T04:33:00Z
dc.date.issued 2021-09-22
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15689
dc.description.abstract Bimbingan Kelompok adalah proses pemberian bantuan kepada individu melalui suasana kelompok (dinamika kelompok yang memungkinkan setiap anggota untuk berpartisipasi aktif dan berbagai pengalaman dalam upaya pengembangan wawasan, sikap dan keterampilan yang diperlukan dalam upaya mencegah timbulnya masalah atau dalam upaya pengembangan pribadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap kooperatif siswa kelas VIII SMP Dharmapancasila Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Objek dalam penelitian ini berjumlah 10 orang siswa kelas VIII. Hasil yang di dapat berdasarkan pelaksanaan layanan dan hasil pengolahan angket menjelaskan bahwa sebelum dilakukan layanan bimbingan kelompok siswa di kelas VIII masih memiliki sifat individualisme didalam dirinya. Kemudian hasil lain menjelaskan pada indikator kedua yaitu orientasi individu, siswa yang awalnya tidak mengerti apa bakat dan minat yang ada dalam dirinya. Lalu siswa tidak mau berkomunikasi satu sama lain sebelum diberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok.Setelah dilakukan kegiatan layanan bimbingan kelompok ini, siswa menjadi peduli kepada temantemannya dan saling memberikan motivasi yang membangun. Kemudian siswa yang awalnya tidak mengerti apa bakat dan minat yang ada dalam dirinya menjadi paham dan yakin bahwa setiap individu memikili bakat dan minatnya masingmasing. Lalu pada indikator komunikasi, awalnya siswa tidak mau berkomunikasi satu sama lain, setelah mendapat pelayanan menjadi akrab satu sama lain. Berdasarkan hasil output dapat dinyatakan bahwa nilai T hitung (1,903) > Ttabel (1.812), sehingga dapat katakan bahwa hipotesis yang sebelumnya telah dibuat dapat diterima atau Ho diterima dan H1 ditolak. Bahwa layanan bimbingan kelompok melalui pendekatan teknik assertive training efektif untuk meningkatkan sikap kooperatif siswa kelas VIII SMP Dharmapancasila Medan Tahun Ajaran 2020/2021. en_US
dc.subject Bimbingan Kelompok en_US
dc.subject Assertive Training en_US
dc.subject Sikap Kooperatif en_US
dc.title Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Assertive Training untuk Peningkatan Sikap Kooperatif Siswa Kelas VIII SMP Dharmapancasila Medan Tahun Ajaran 2020/2021 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account