Abstract:
Bimbingan Kelompok dalam penelitian ini merupakan proses pemberian bantuan
kepada individu melalui suasana kelompok yang memungkinkan setiap anggota
untuk berpartisipasi aktif dan berbagai pengalaman dalam upaya pengembangan
wawasan, sikap dan keterampilan yang diperlukan dalam upaya mencegah
timbulnya masalah atau dalam upaya pengembangan pribadi. Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam pengambilan keputusan.
Yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII berjumlah 7
orang dengan 3 orang siswa laki-laki dan 3 orang siswi perempuan. Pengumpulan
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara.
Penerapan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan keterampilan
pengambilan keputusan di kelas VII SMP Taman Harapan Medan dilakukan
dengan dua kali pertemuan. Sebelum dilakukan layanan bimbingan kelompok,
siswa belum mampu menganalisis masalah untuk melatih intuisinya dengan baik
sehingga pengambilan keputusan siswa juga asal-asalan. Pengalaman siswa juga
tergolong masih sedikit, siswa masih takut dalam mengambil keputusan misalnya
menjawab pertanyaan guru, siswa masih canggung dan takut jika salah menjawab.
Setelah dilakukan layanan pertama siswa mengalami perubahan cara berfikir yang
membuatnya mampu melatih analisis dan intuisi dirinya sehingga siswa memiliki
pengalaman dalam berbicara dengan kelompok dan meningkatkan pengambilan
keputusan siswa di kelas VII. Setelah diterapkan layanan layanan bimbingan
kelompok kedua peningkatan kembali terjadi pada siswa. Dimana siswa mampu
dengan cepat menganalis apa yang harus mereka lakukan di dalam kelas, kapan
mereka bisa menjawab pertanyaan guru, kapan bagaimana sikap mereka ketika
disuruh membuat sebuah kelompok dan bagaimana pengalaman yang mereka
dapatkan sebelumnya dapat dijadikan sebaagi dasar intuisi untuk terus aktif di
dalam kelas. Dengan keterampilan pengambilan keputusan yang baik siswa
menjadi mampu mengambil keputusan secara rasional atau masuk akal dan
terkesan tidak asal-asalan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
penerapan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan keterampilan
siswa kelas VII SMP Taman Harapan Tahun Ajaran 2020/2021 dalam
mengambil keputusan.