Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan informasi berbasis
multimedia untuk meningkatkan orientasi karir siswa dalam pilihan jurusan di kelas
VIII SMP AL-Wasliyah 30 Medan. Subjek penelitian ini adalah 30 orang siswa di
kelas VIII A dan B. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
Desain yang digunakan One-Group Pretes-Posttest Design. Dalam penelitian ini
ada dua kelompok yaitu kelompok control dan eksprimen untuk membandingkan
kedua kelompok. Dalam pengambilan data diukur sebelum dan sesudah perlakuan
menggunakan angket (kuisoner) yang terdiri dari pertanyaan mengenai orientasi
karir. Dalam pengujian Hipotesis menggunakan SPPSS (Statistical Product and
Service Solution) for windows release 20.0. Berdasarkan hasil penelitian diketahui
bahwa sebelum diberikan perlakuan (Pre-Test) kepada kelompok control diketahui
rata-rata 41 kategori rendah sedangkan kelompok eksprimen diketahui bahwa ratarata
40 kategori rendah. Kemudian berdasarkan penelitian diberikan perlakuan
(Post-Test) kepada kelompok eksprimen dalam layanan informasi berbasis
multimedia diketahui rata-rata 85 kategori sangat tinggi,sedangkan kepada
kelompok control dalam layanan informasi menggunakan metode ceramah
diketahui rata-rata 74 kategori tinggi. Jadi berdasarkan hasil penelitian: 1) Terdapat
perbedaan yang signifikan orientasi karir siswa pada kelompok eksperimen,
sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) mengikuti layanan informasi yang
mengkombinasikan metode ceramah dan berbasis multimedia. 2) Terdapat
perbedaan orientasi siswa pada kelompok kontrol, sebelum (pretest) dan sesudah
(posttest) mengikuti layanan informasi yang menggunakan metode berbasis
multimedia.3) Tidak terdapat perbedaan orientasi karir siswa pada kelompok
eksperimen yang diberikan layanan informasi yang mengkombinasikan berbasis
multimedia.