Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi sosial di kalangan
mahasiswa dan untuk mengetahui pengaruh gadget terhadap menurunnya tingkat
interaksi sosial mahasiswa FKIP jurusan PPKn Universitas Muhammadiyah
Sumatera Utara. Variabel X yang digunakan dalam penelitian ini adalah Gadget
dan variabel Y yang digunakan dalam penelitian ini adalah Interaksi Sosial.
Populasi dan Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan jurusan PPKn UMSU yang berjumlah 64 orang
yang terdiri dari semester 3, semester 5, semester 7. Teknik pengambilan sampel
pada penelitian ini menggunakan teknik Nonprobability yaitu sampel jenuh atau
sering disebut total sampling. Alasan mengambil total sampling karena jumlah
populasi yang kurang dari 100 seluruh populasi dijadikan sampel penelitian
semuanya. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif ,
disebut kuantitatif karena data penelitian berupa angka-angka dan di analisis
menggunakan statistik. Dalam penelitian ini penulis menggunakan alat
pengumpulan data berupa observasi dan angket.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan
antara Gadget terhadap Interaksi Sosial di lingkungan mahasiswa FKIP PPKn
UMSU dengan hasil rxy >rtabel (0,537>0,207) dan uji r dengan hasil rhitung>rtabel
(40647,75>0,207). Jadi dapat disimpulkan bahwa “Ada Pengaruh Gadget
terhadap Interaksi Sosial di Lingkungan Mahasiswa FKIP PPKn Universitas
Muhammadiyah Sumatera Utara.