Abstract:
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk Lembar
Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan Guided Inquiry yang dapat
memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang valid.
Penelitianini menggunakan pengembangan Research and Development (R&D)
model 4-D yang meliputi empat tahapan yaitu pendefenisian (define),
perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate).
Namun dimodifikasi maka penelitian ini hanya sampai 3-D yang meliputi tiga
tahapan yaitu tahapan pendefenisian (define), perancangan (design), dan
pengembangan (develop). Tahapan define maerupakan tahapan awal dari
permasalahan. Tahapan design dilakukan perancangan perangkat pembelajaran
berupa Lembar Kerja Peserta Didik dan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran
serta instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi. Tahapan
developdilakukan validasi instrumen berupa angket kepada validator oleh ahli
media, ahli materi dan guru. Hasil dari penelitian menghasilkan pengembangan
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Guided Inquiry Untuk
Memfasilitasi Kemampuan komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP yang
valid. Berdasarkan hasil dari angket penilaian validator Lembar Kerja Peserta
Didik didapat nilai dari ahli media sebesar 4,0 dengan kriteria valid, ahli materi
sebesar 3,58 dengan kriteria valid dan guru sebesar 3,62 dengan kriteria valid,
dan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran didapat nilai dari validtor 1 sebesar
4,0 dengan kriteria valid, validtor 2 sebesar 3,83 dengan kriteria valid dan
validtor 3 sebesar 3,83 dengan kriteria valid. Dan juga Hasil analisis data uji
efektifitas LKPD yang diperoleh dari tes hasil belajar uji coba 1 dan uji coba 2
pada siswa dan analisis data respon peserta didik berkategori efektif.
Berdasarkan hasil dari angket responpeserta didik sebesar 3,23 dengan kategori
efektif dan hasil dari uji coba 1 dan uji coba 2 memiliki kenaikan sebesar 7,44
dapat dibuktikan bahwa Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Guided
Inquirybekategori efektif