Abstract:
Layanan infromasi adalah layanan yang dibutuhkan oleh individu agar individu
memiliki pengetahuan (informasi) yang memadai, baik tentang dirinya maupun
tentang lingkungannya, serta sumber-sumber belajar yang sangat diperlukan oleh
peserta layanan agar lebih mudah dalam membuat perencanaan dan mengambil
keputusan termasuk dalam mengontrol dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui upaya Guru Bimbingan dan Konseling untuk Memberikan Layanan
Informasi dalam Meningkatkan Kontrol Diri Siswa di SMP Muhammadiyah 57
Medan. Jumlah subjek dalam penelitan ini berjumlah 29 orang di kelas VIII SMP
Muhammadyah 57 Medan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah
observasi, wawancara dan angket dengan item pertanyaan sebanyak 12 item.
Berdasarkan hasil penelitian dapat dinyatakan bahwatingkat kontrol diri siswa
setelah diberikan layanan informasi oleh guru bimbingan dan konseling pada
siswa SMP Muhammadiyah sudah terjadi peningkatan dari 59,5% siklus I
menjadi 76,4% siklus II dengan target diatas 75% dari total skor. Diharapkan
sekolah dapat memfasilitasi konselor untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan
dalam layanan informasi yang diberikan oleh guru bimbingan dan konseling
sebagai upaya dalam mengatasi masalah kontrol diri siswa. Sehingga siswa dapat
mengontrol dirinya denganmelakukan kegiatan-kegiatan positif baik di dalam
sekolah maupun di luar sekolah.