Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Cooperative Learning Technique Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran akuntansi pada kompetensi pengertian, fungsi dan jenis uang siswa kelas XI
Ak SMK PAB 2 Helvetia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana
hasil belajar akuntansi siswa sebelum dan sesudah menggunakan model Cooperative
Learning Technique Jigsaw juga apakah ada pengaruh model pembelajaran
Cooperative Learning Technique Jigsaw terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas
XI AK 1 PAB 2 Helvetia. Populasi penelitian ini adalah kelas XI AK 1 yang terdiri
dari 30 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive
sampling. Instrumen yang digunakan adalah berupa tes bentuk subjetif berbentuk
uraian yang berjumlah 10 soal yang terlebih dahulu sudah diuji validitas dan
reliabilitasnya. Dari hasil analisis data pre tes diperoleh mean 69,47 dan standart
deviasi 10,05. Sedangkan untuk data pos tes diperoleh mean 84,34 dan standart
deviasi 8,60. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu uji normalitas
menggunakan uji liliefors untuk mengetahui uji normalitas data hasil belajar. Uji
homogenitas menggunakan uji 2 pihak dengan signifikan α=0,05. Uji Hipotesis
dilakukan dengan menggunaka uji t 2 pihak dengan dk=N-1 pada α=0,05 dari data
hipotesis diperoleh thitung>ttabel yaitu 9,89>1,687 maka Ho ditolak dan Haditerima.
Berdasarkan uji hipotesis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh
model pembelajaran Students Centered Learning (SCL) terhadap hasil belajar
akuntansi siswa kelas X SMK PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2015/2016.