Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apakah ada peningkatan keefektifan pembelajaran pada materi “Garis Singgung Lingkaran” dengan mengunakan media pembelajaran berbasis ICT pada siswa kelas VIII-C SMP Negeri 15 Medan TP. 2015/2018 (2) Bagaimana keefektifan pembelajaran matematika pada materi “Garis Singgung Lingkaran” menggunakan media pembelajaran berbasis ICT pada siswa kelas VIII – C SMP Negeri 15 Medan TP. 2017/2018. Tujuan dari penelitian ini (1) untuk mengetahui apakah ada peningkatan keefektifan pembelajaran matematika siswa pada materi “Garis Singgung Lingkaran” dengan menggunakan media pembelajaran berbasis ICT pada siswa kelas VIII-C SMP Negeri 15 Medan TP. 2017/2018 (2) untuk mengetahui bagaimana keefektifan pembelajaran matematika siswa pada materi “Garis Singgung Lingkaran” menggunakan media pembelajaran berbasis ICT pa da siswa kelas VIII-C SMP Negeri 15 Medan TP. 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C SMP Negeri 15 Medan. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran berbasis ICT untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran matematika siswa kelas VIII-C SMP Negeri 15 medan TP. 2017/2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan adanya media pembelajaran berbasis ICT dapat meningkatkan keefektifan pembelajaran siswa. Saran yang dapat diajukan adalah penggunaan ICT dapat dilaksanakan oleh guru untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran.