Abstract:
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui penerapan layanan informasi dalam meningkatkan budaya belajar di sekolah pada siswa di SMP Muhammadiyah 01 Medan. 2) Untuk mengetahui proses pelaksanaan layanan informasi sebagi upaya menumbuhkan budaya belajar disekolah pada siswa di SMP Muhammadiyah 01 Medan .Adapun subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru bk dan siswa SMP Muhammadiyah 01 Medan . Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu meneliti layanan informasi dalam menumbuhkan budaya belajar di sekolah pada siswa SMP Muhammadiyah 01 Medan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Setelah dilakukan penelitian diperoleh hasil bahwa : layanan informasi untuk menumbuhkan budaya belajar di sekolah SMP Muhammadiyah 01 Medan sudah cukup baik. Upaya-upaya yang dilakukan oleh guru dengan memberikan layanan informasi tentang pentingnya belajar, informasi mengingatkan bahwa siswa harus membudayakan belajar di sekolah atau di manapun, serta akibat buruk bagi yang bermalasan untuk belajar. Hasil yang dicapai dengan adanya layanan informasi dalam menumbuhkan budaya belajar adalah adanya keasadaran dan perubahan dalam diri siswa terhadap pemahaman untuk menerapkan budaya belajar yang baik disekolah.