Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa MTs Al-Washliyah Parpaudangan T.A 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan didalam kelas dengan melihat out put dan in put hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini ialah siswa kelas VIII MTs Al-Washliyah Parpaudangan berjumlah 24 orang siswa. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Anchored Instruction untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan melihat hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan hasil lembara kerja siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa tes tertulis dan wawancara. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa model pembelajaran Anchored Instruction efektif digunakan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan melihat hasil belajar siswa yang meningkat pada setiap siklus.