dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan
menggunakan metode pembelajaran Meaningful Instructionnal Design terhadap hasil
belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Rahmat Islamiyah
Medan dan apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diberi perlakuan
menggunakan metode pembelajaran Meaningful Instructionnal Design dengan siswa
yang diberi perlakuan menggunakan metode ceramah. Penelitian ini dilaksanakan di
SMP Rahmat Islamiyah Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif
dengan menggunakan jenis quasi eksperimen. Sampel penelitian berjumlah 70 siswa
yaitu 35 siswa pada kelas VIII-A untuk kelas eksperimen, dan juga berjumlah 35 siswa
VIII-B pada kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yaitu Sampling Purposive yang
dipilih berdasarkan pertimbangan guru, instrument penelitian yang digunakan adalah
berupa tes berbentuk pilihan ganda yang telah diuji validitas, dan reliabilitasnya.
Adapun teknik pengumpulan data berupa tes (pretest-posttest) yang berjumlah 20 soal
dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan penelitian
menggunakan uji-t. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh
yang signifikan antara penggunaan Metode Meaningfull Instructional Design terhadap
hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII Sekolah
SMP Rahmat Islamiyah Medan. Hal ini dibuktikan dengan uji “t” pada dua kelas di
mana thitung> ttabel yaitu 3,572>1,668 dengan taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian Ha
diterima dan Ho ditolak |
en_US |