DSpace Repository

Efektifitas Penggunaan Metode Targhib Dan Tarhib Terhadap Motivasi Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Swasta Rahmat Islamiyah Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Lubis, Dinda Fadilah
dc.date.accessioned 2020-12-17T02:54:48Z
dc.date.available 2020-12-17T02:54:48Z
dc.date.issued 2020-11-14
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14604
dc.description.abstract Dalam penelitian ini yang menjadi rumusan masalah ialah bagaimana meningkatkan motivasi belajar siswa dan apakah penggunaan metode Targhib dan Tarhib efektif digunakan dalam meningkatkan motivasi siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Swasta Rahmat Islamiyah Medan. Metode Targhib dan Tarhib ini bertujuan untuk mendorong siswa agar lebih aktif dan semangat dalam belajar dengan di berikannya Targhib atau pujian dan Tarhib atau hukuman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan metode targhib dan tarhib efektif digunakan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode yang di gunakan adalah quasi eksperimen dan proses penelitian yang dilakukan yaitu dengan cara observasi dan penyebaran angket. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Rahmat Islamiyah Medan. Penelitian ini menggunakan kelas kontrol dan kelas eksperimen, yang menjadi kelas kontrol yaitu kelas VII-A sedangkan yang menjadi kelas eksperimen yaitu kelas VII-C dengan jumlah responden masing-masing kelas 27 siswa. Alat ukur angketnya yaitu menggunakan skla likert. Sebagaimana proses penelitian yang dilakukan maka peneliti dapat menghasilkan sesuai dengan data yang diperoleh oleh peneliti dari angket dan observasi maka menghasilkan nilai “ r ” product moment pada taraf signifikan 5% dan 1% diperoleh bahwa rxy = 0,899 lebih besar dari rtabel baik itu dari signifikan 5% dan 1% (0,3809 dan 0,3233) dengan formulasi perbandingan yaitu (0,3809 dan 0,3233). Hasil penelitiannya adalah kelas ekperimen mendapatkan nilai presentasi angket lebih besar dari kelas kontrol yaitu 85,66% ≥ 71,40% dan juga pada perhitungan korelasi antara dua variabel kelas kontrol memperoleh nilai rxy =0,280 dan dikategorikan taraf korelasi antara kedua variabel rendah sedangkan kelas eksperimen memperoleh nilai rxy = 0,389 dan dikategorikan taraf korelasi antara dua variabel tinggi. Pada penelitian ini dapat ditarik kesimpulan hasil perhitungan penelitian labih besar dari pada nilai “r” product moment, maka hipotesis alternatif ( ) diterima dan hipotesis nihil ( ) ditolak. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi pada kelas VII-C terdapat 80,82% yang menunjukkan bahwa variabel X berpengaruh sangat efektif pada variabel Y dan sisanya 19,18% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa “terdapat keefektifan antara penggunaan metode Targhib dan Tarhib terhadap motivasi siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Swasta Rahmat Islamiyah Medan. en_US
dc.subject Metode Targhib dan Tarhib en_US
dc.subject Motivasi Siswa en_US
dc.title Efektifitas Penggunaan Metode Targhib Dan Tarhib Terhadap Motivasi Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Swasta Rahmat Islamiyah Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account