dc.description.abstract |
Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya perhatian siswa
terhadap pelajaran matematika dan hanya sebagian kecil siswa yang mampu
menyelesaikan soal matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
ketuntasan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan Model Brain Based
Learning pada siswa kelas VIII MTs Al-Ridho T.P 2020/2021. Penelitian ini
dilakukan di SMP Al-Ridho, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas VII SMP Al-Ridho yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data
dengan lembar observasi siswa, lembar observasi guru serta tes siklus I dan siklus
II yang keduanya berjumlah 8 soal. Teknik analisis data melalui menghitung ratarata nilai kelas, penilaian ketuntasan hasil belajar dan menganalisis hasil
observasi. Dari hasil analisis data hasil belajar siswa menggunakan metode
scaffolding menunjukkan nilai hasil belajar pada test siklus I yaitu 80,6 dengan
nilai teringgi 100 dan terendah 60 hasil ketuntasan 68%. Sedangkan pada test
siklus II yaitu 91,2 dengan nilai tertinggi 100 dan terendah 65 dan hasil ketuntasan
92%. Dan dengan kata lain dari siklus I dan siklus II meningkat. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa Model Brain Based Learning terbukti dapat
meningkatkan Rasional belajar siswa di kelas VIII MTs Al-Ridho T.P
2020/2021. |
en_US |