Abstract:
Penelian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Torgamba dengan sampel yang diambil
adalah kelas VII-1 dan VII-2 yang masing – masing memiliki 32 siswa. Penelitian
ini mengunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Penelitian
yang dilakukan ini menggunakan instrument tes hasil belajar yang terdiri atas tes
awal (pre test) dan test akhir (post test). Dari hasil tes awal tersebut terdapat
kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Kesalahan – kesalahan terjadi
karena siswa belum memahami benar aturan-aturan yang berlaku pada
pembelajaran matematika. Untuk mengatasi masalah di atas sebagai upaya
meningkatkan hasil belajar matematika siswa tersebut, peneliti mencoba membuat
media pembelajaran berbasis multimedia audio visual dan berharap pengaruh dari
media tersebut dapat mencapai suatu hasil belajar yang maksimal pada pelajaran
matematika. Media pembelajaran ini dirancang untuk menarik perhatian siswa
serta dapat mengatasi kesulitan belajar siswa secara individual maupun kelompok
serta dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa dalam kelas. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh multimedia audio visual
terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Torgamba. Tekhnik analisis
data yang digunakan adalah uji normalitas digunakan untuk melihat apakah data
berdistribusi normal atau tidak, uji homogenitas adalah uji yang digunakan untuk
melihat apakah data sama atau tidak dan uji hipotesis yang digunakan adalah uji t
dengan tarif signifikan 0,05. Dari hasil hitungan diperoleh thitung 7,8377
selanjutnya membandingkan harga thitung dengan ttabel. ttabel = 1,99897 , jadi thitung
(7,8377) > ttabel (1,99897). Maka, Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya
terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan multimedia audio visual
terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Torgamba Tahun
Ajaran 2020-2021.