DSpace Repository

Penerapan Metode Scaffolding Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa T.P 2020/2021.

Show simple item record

dc.contributor.author Sonya, Sendy
dc.date.accessioned 2020-12-16T07:49:55Z
dc.date.available 2020-12-16T07:49:55Z
dc.date.issued 2020-11-10
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14578
dc.description.abstract Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya perhatian siswa terhadap pelajaran matematika dan hanya sebagian kecil siswa yang mampu menyelesaikan soal matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan metode scaffolding pada siswa kelas VII MTs Al-Ridho T.P 2020/2021. Penelitian ini dilakukan di MTs Al-Ridho, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Al-Ridho yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data dengan lembar observasi siswa, lembar observasi guru serta tes siklus I dan siklus II yang keduanya berjumlah 6 soal. Teknik analisis data melalui menghitung rata-rata nilai kelas, penilaian ketuntasan hasil belajar dan menganalisis hasil observasi. Dari hasil analisis data hasil belajar siswa menggunakan metode scaffolding menunjukkan nilai hasil belajar pada test siklus I yaitu 80,6 dengan nilai teringgi 100 dan terendah 50 hasil ketuntasan 68%. Sedangkan pada test siklus II yaitu 91,2 dengan nilai tertinggi 100 dan terendah 65 dan hasil ketuntasan 92%. Dan dengan kata lain dari siklus I dan siklus II meningkat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode scaffolding terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas VII MTs Al-Ridho T.P 2020/2021. en_US
dc.subject Penerapan Metode Scaffolding en_US
dc.subject Meningkatkan Motivasi en_US
dc.title Penerapan Metode Scaffolding Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa T.P 2020/2021. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account