Abstract:
Yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap keaktifan belajar siswa pada
mata pelajaran Akidah akhlak di MTs Fastabiqul Khairat. Jenis penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan
desain quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini diambil dari siswa kelas
VII B yang berjumlah 30 orang siswa sebagai populasi dan sampel. Penelitian ini
dilakukan dengan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu: angket,
observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya adalah analisis
kuantitatif dengan uji hipotesis.
Setelah data terkumpul lalu dihitung dengan menggunakan teknik korelasi
product moment dengan memperoleh hasil sebagai berikut: dari hasil koefisien
product moment dengan tabel nilai “r” product moment pada taraf 5% dan 1%
diperoleh bahwa = 0,540 lebih besar dari pada baik itu dari taraf
signifikan 5% (0,361) dan 1% (0,463) dengan formulasi bandingan yaitu 0,540 ≥
0,361 dan 0,463, Maka ( ) diterima. dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh
positif antara penggunaan model pembelajaran talking stick terhadap keaktifan
belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak MTs Fastabiqul Khairat Paluh
Kurau Kec.Hamparan Perak.