Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Upaya Guru Bimbingan dan
Konseling Dalam Mengembangkan Karakter Kemandirian Siswa Kelas VIII SMP
Negeri 41 Takengon Tahun Pembelajaran 2020/2021. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui Upaya Guru Bimbingan dan Konseling Dalam
Mengembangkan Karakter Kemandirian Siswa Kelas VIII SMP Negeri 41
Takengon Tahun Pembelajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Objek penelitian ini sebanyak 6
siswa kelas VIII yang memiliki karakter kemandirian rendah. Sample yang
digunakan adalah teknikpurposive sampling. Instrumentasi pengumpulan data
dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.Penelitian ini menggunakan whatsapp group karena sedang
mengalami pandemic sehingga tidak bisa bertatap muka secara langsung.Untuk
mengembangkan karakter kemandirian siswa guru bk berupaya sebagai pemberi
layanan BK, sebagai motivatordan sebagai evaluasitor dengan hal begitu terbukti
bahwa siswa dapat mengembangkan karakter kemandirian dengan optimal lagi hal
ini dapat dilihat dengan percaya diri nya siswa ketika sedang menyampain
pendapatnya bertanggung jawab terhadap tugas nya dan mampu mengambil
keputusan sendiri..