Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur keefektivitasan layanan bimbingan
kelompok untuk mencegah sikap siswa terhadap prokrastinasi akademik di kelas
VIII SMP Swasta Rakyat Sei Glugur Tahun Ajran 2019/2020.Jumlah sampel
dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa, 4 orang siswa laki-laki dan 4 orang
siswa perempuan.Instrumen yang dilakukan dalam penelitian ini adalah angket
yang terdiri dari 30 item pertanyaan.Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh
dan dianalisis dengan statistik serta diuji hipotesisnya.Terdapat perbedaan yang
signifikan sikap siswa terhadap prokrastinasi akademik kelompok eksperimen,
sebelum dan sesudah mengikuti layanan bimbingan kelompokbahwa angka
probabilitas Asymp. Sig.(2-tailed) sikap siswa terhadap prokrastinasi akademik
kelompok eksperimen sebesar 0,012 atau probabilitas di bawah alpha 0,05 ( 0,012
≤ 0,05 ). Dari hasil tersebut maka H0ditolak dan H1diterima.