DSpace Repository

Penerapan Layanan Penguasaan Konten Dengan Menggunakan Mind Mapping Untuk Meningkatkanbelajar Mandiri Siswa Kelas Vii A Smp Muhammadiyah 58 Sukaramai Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019

Show simple item record

dc.contributor.author Tanjung, Erli Muharni
dc.date.accessioned 2020-03-01T11:16:46Z
dc.date.available 2020-03-01T11:16:46Z
dc.date.issued 2019-09-19
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1432
dc.description.abstract layanan penguasaan konten merupakan suatu program layanan bimbingan dan konseling yang mendorong individu untuk memahami dan mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar yang baik sehingga memiliki kemampuan dan keterampilan dalam kehidupan sehari-harinya terutama dalam hal kemandirian belajar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan belajar mandiri siswa . penelitian dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 58 Sukaramai Medan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan dengan subjek yaitu peneliti dan guru BK, dan objek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 58 Sukaramai medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 sebanyak 10 orang siswa yang kurang kemandirian belajarnya. Proses pengambilan data selama tiga minggu juli-agustus 2019 dengan teknik pengumpulan data, observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan : melalui penerapan layanan penguasaan konten dengan menggunakan mind mapping untuk meningkatkan belajar mandiri siswa yang dilakukan oleh peneliti berjalan dengan optimal dan dapat meningkatkan belajar mandiri siswa, yang sebelumya kurang mandiri dapat dilihat dari hasil observasi dan wawanacara. Dan hal itu terbukti pada perubahan siswa yang sebelumnya kurang kemandirian belajarnya menjadi lebih meningkatkan kemandirian belajarnya, karena kurangnya kemandirian belajar siswa berdampak buruk bagi siswa menjadikan siswa ketergantungan pada orang lain jika menghadapi masalah dan kurang bertangung jawab. Perubahan siswa tersebut setelah pelaksanaan layanan penguasaan dalam pencapaian sasaran yang dilakuan bersama antara siswa dan guru BK mencapai 91, 00 0/0. Dengan demikian peran guru BK di sekolah sangat penting. en_US
dc.subject Layanan Penguasaan Konten en_US
dc.subject Mind Mapping en_US
dc.subject Belajar Mandiri en_US
dc.title Penerapan Layanan Penguasaan Konten Dengan Menggunakan Mind Mapping Untuk Meningkatkanbelajar Mandiri Siswa Kelas Vii A Smp Muhammadiyah 58 Sukaramai Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account