Abstract:
Penelitian ini dilakukan di Desa Rumah
Berastagi Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo. Penelitian ini dibimbing oleh
Ibu Ir. Gustina Siregar M.Si sebagai Ketua Komisi Pembimbing dan Bapak
Muhammad Thamrin S.P. M.Si sebagai Anggota Komisi Pembimbing.penelitian
ini dilakukan di Desa Rumah Berastagi Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo
yang ditentukan sengaja (purposive) untuk mengetahui saluran pemasaran, biaya
pemasaran, margin pemasaran dan efisiensi pada setiap lembaga pemasaran di
daerah penelitian. Pengambilan sampel petani, pedagang pengumpul dan
pedagang pengecer diambil menggunakan metode sensus dengan jumlah sampel
petani 26 orang, pedagang pengumpul 2 orang dan pedagang pengecer 7 orang.
Untuk analisis data menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa di daerah penelitian terdapat 2
saluran pemasaran bayam jepang. Saluran pemasaran I yaitu petani – pedagang
pengecer – konsumen akhir dengan margin pemasaran Rp. 2.000/Kg dengan share
margin 86% dan efisiensi pemasaran sebesar 4,78%. Saluran pemasaran II yaitu
petani – pedagang pengumpul – pedagang pengecer – komsumen akhir dengan
margin pemasaran Rp. 5.000/Kg dengan share margin 66% dan efisinsi pemasaran
sebesar 11,56%.