Abstract:
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana penerapan
dimensi CARTER yang dilakukan oleh PT. BPRS Gebu Prima Kota Medan guna
meningkatkan kualitas layanan yang mereka miliki. Penelitian yang dilakukan
adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan
jumlah informan sebanyak 4 responden. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah wawancara terarah yang di mana peneliti menanyakan kepada
informan terkait hal-hal yang telah disiapkan sebelumnya. Analisis data yang
digunakan adalah menggunakan data yang diperoleh dari hasil wawancara,
observasi dan dokumentasi, dengan cara mengumpulkan, menjabarkan, dan
membentuknya dalam sebuah pola. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu
penerapan dimensi CARTER yang dilakukan oleh PT. BPRS Gebu Prima Kota
Medan sudah baik hal ini dilihat dari kepuasan nasabah terhadap pelayanan
yang diberikan, baik dari kepatuhan syariah, keramahan, kompetensi, keamanan,
kehandalan, empati, serta respon cepat yang diberikan kepada nasabah. Serta
efektifitas dimensi CARTER dalam meningkatkan kualitas layanan pada PT.
BPRS Gebu Prima Kota Medan juga berdampak baik,hal ini dibuktikan dengan
kepuasan nasabah terhadap pelayanan yang diberikan serta semakin
meningkatnya pelayanan yang ada.