dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa kurangnya penanaman nilai karakter
peserta didik untuk menerapkan perilaku religius dalam dirinya terkhusus pada
pembelajaran pendidikan agama islam. Dengan permasalahan tersebut maka
penulis mengidentifikasi masalah berupa: (1) adanya tingkat kesadaran peserta
didik yang masih rendah dalam menerapkan perilaku religius, (2) Masih
rendanhnya prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama
Islam, (3) Penerapan pendidikan karakter keagamaan yang dinilai belum
dilaksanakan secara efektif, dan (4) Berbagai masalah yang berkaitan dengan
karakter peserta didik yang sangat mengkhawatirkan masyarakat.Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan mengambil latar sekolah SMP
Muhammadiyah 47 Sunggal. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi,
wawancara, angket, dan dokumentasi. Adapun analisis data terdiri dari
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta
verifikasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran PAI
dalam membentuk karakter keagamaan peserta didik terdapat tiga tahapan yaitu
perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi. Adapun
bentuk karakter yang ditanamkan kepada peserta didik pada mata pelajaran PAI
yaitu, religius, disiplin, jujur, kerja keras, toleransi, kreatif, mandiri, demokratis,
rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi,
bersahabat komunikasi, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli
sosial, dan tanggung jawab. Dimana semua nilai karakter tersebut mesti tercantum
dalam setiap proses pembelajaran terutama pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam. Adapun untuk mencapai penanaman nilai-nilai karakter keagamaan
peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama Islam, maka beberapa metode
yang digunakan berupa metode pembiasaan, metode nasihat, metode pemberi
perhatian, serta metode hukuman. |
en_US |