Abstract:
Keputusan pembelian adalah tahap proses dimana konsumen secara aktual
melakukan pembelian produk. Keputusan dipengaruhi oleh berbagai faktor antara
lain Cita Merek dan Kualitas produk. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
apakah Citra Merek dan kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan
pembelian Sepatu adidas pada mahasiswa universitas muhammadiyah sumatera
utara. Populasi dari penelitian ini adalah suluruh konsumen pengguna sepatu
adidas.Sampel penelitian ini sebanyak 100 Responden. Teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara dan kuesioner lalu diuji menggunakan validitas dan
reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, regresi linear
berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi(R-Square).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ada pengaruh positif namun tidak
signifikan antara citra merek terhadap keputusan pembelian, adanya pengaruh
namun tidak signifikan antara kualitas produk terhadap keputusan pembelian,
adanya pengaruh secara bersama-sama antara citra merek dan kualitas produk
terhadap keputusan pembelian Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera
Utara.Nilai R-Square adalah 0,18 atau 18% menunjukkan sekitar 0.18
dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.