dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keefektifan
pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi Wankat dan Oreovocz untuk
meningkatkan kemampuan pemahaman siswa dalam pembelajaran matematika pada
pokok bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel yang di tinjau dari ketuntasan
pembelajaran, aktivitas belajar siswa, dan respon siswa SMK Dwitunggal1 Tanjung
Morawa T.P 2015/2016. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XAK SMK
Dwitunggal1 Tanjung Morawa T.P 2015/2016, yang berjumlah 24 orang dan menjadi
objek penelitian ini adalah untuk melihat keefektifan belajar matematika dengan
model pembelajaran strategi wankat dan oreovocz. Metode penelitian yang digunakan
adalah metode deskriptif dan kualitatif dibantu dengan data kualitatif, instrument
yang digunakan adalah tes dan observasi.
Dari hasil penelitian efektifan dalam indicator ketuntasan belajar matematika
menunjukan bahwa, pada pertemuan pertama ketuntasan belajar klasikal siswa
berkisar 70,84% dan berada pada kategori tuntas. Sedangkan pada pertemuan kedua
ketuntasan belajar klasikal siswa berkisar 100% dan berada pada kategori sangat
tuntas, indicator aktivitas belajar siswa menunjukan bahwa, pada pertemuan pertama
persentase aktivitas belajar siswa adalah 71% dan berada pada kategori aktif.
Sedangkan pada pertemuan kedua persentase aktivitas belajar siswa adalah 81% dan
berada pada kategori aktif dan pada indicator respon siswa menunjukan bahwa, pada
pertemuan pertama persentase respon belajar siswa adalah 77% dan berada pada
kategori cukup positif. Sedangkan pada pertemuan kedua persentase respon belajar
siswa adalah 81% dan berada pada kategori positif.
Berdasarkan rincian hasil penelitian diatas, maka belajar matematika
menggunakan model pembelajaran strategi Wankat dan oreovocz pada siswa kelas
XAK SMK Dwitunggal1 Tanjung Morawa T.P 2015/2016 dapat meningkatkan
kemampuan pemahaman belajar siswa tersebut, pada pokok bahasan sistem
persamaan linier dua variabel yang ditinjaukan dari indicator keefektifan. |
en_US |