DSpace Repository

Efektivitas Strategi Wankat dan Oreovocz Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika SMK Dwitunggal1 Tanjung Morawa T.P 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Juniarni, Kiki
dc.date.accessioned 2020-11-19T02:25:06Z
dc.date.available 2020-11-19T02:25:06Z
dc.date.issued 2016-10-19
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13575
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keefektifan pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi Wankat dan Oreovocz untuk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel yang di tinjau dari ketuntasan pembelajaran, aktivitas belajar siswa, dan respon siswa SMK Dwitunggal1 Tanjung Morawa T.P 2015/2016. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XAK SMK Dwitunggal1 Tanjung Morawa T.P 2015/2016, yang berjumlah 24 orang dan menjadi objek penelitian ini adalah untuk melihat keefektifan belajar matematika dengan model pembelajaran strategi wankat dan oreovocz. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan kualitatif dibantu dengan data kualitatif, instrument yang digunakan adalah tes dan observasi. Dari hasil penelitian efektifan dalam indicator ketuntasan belajar matematika menunjukan bahwa, pada pertemuan pertama ketuntasan belajar klasikal siswa berkisar 70,84% dan berada pada kategori tuntas. Sedangkan pada pertemuan kedua ketuntasan belajar klasikal siswa berkisar 100% dan berada pada kategori sangat tuntas, indicator aktivitas belajar siswa menunjukan bahwa, pada pertemuan pertama persentase aktivitas belajar siswa adalah 71% dan berada pada kategori aktif. Sedangkan pada pertemuan kedua persentase aktivitas belajar siswa adalah 81% dan berada pada kategori aktif dan pada indicator respon siswa menunjukan bahwa, pada pertemuan pertama persentase respon belajar siswa adalah 77% dan berada pada kategori cukup positif. Sedangkan pada pertemuan kedua persentase respon belajar siswa adalah 81% dan berada pada kategori positif. Berdasarkan rincian hasil penelitian diatas, maka belajar matematika menggunakan model pembelajaran strategi Wankat dan oreovocz pada siswa kelas XAK SMK Dwitunggal1 Tanjung Morawa T.P 2015/2016 dapat meningkatkan kemampuan pemahaman belajar siswa tersebut, pada pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel yang ditinjaukan dari indicator keefektifan. en_US
dc.subject Strategi Wankat dan Oreovocz Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika en_US
dc.title Efektivitas Strategi Wankat dan Oreovocz Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika SMK Dwitunggal1 Tanjung Morawa T.P 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account