DSpace Repository

Pengaruh Model Inquiry Training Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa SMP Baitul Aziz Bandar Klippa Tembung T.P 2016-2017

Show simple item record

dc.contributor.author Ahadiyah, Nur
dc.date.accessioned 2020-11-19T02:22:08Z
dc.date.available 2020-11-19T02:22:08Z
dc.date.issued 2016-10-19
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13571
dc.description.abstract Observasi awal pada kelasVIII-A di SMP Baitul Aziz Bandar Klippa Tembung menunjukkan rendahnya hasil belajar matematika siswa dalam mengerjakan soal-soal matematika dalam mengerjakan soal-soal matematika dalam bentuk essay. Hasil observasi kelas menunjukkan bahwa banyak siswa yang kurang memahami soal dalam bentuk essay, sehingga mereka kesulitan dalam memecahkan soal-soal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam pelajaran matematika dengan materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar setelah diterapkan model pembelajaran Inquiry Training. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A sebanyak 30 siswa. Model pengumpulan data yang digunakan adalah post-test kelas kontrol dan post-test kelas eksperimen. Hasil post-test kelas kontrol dijadikan parameter pengukur hasil belajar siswa sebelum diterapkannya model pembelajaran Inquiry Training dan hasil post-test kelas eksperimen merupakan parameter pengukur hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Inquiry Training. Berdasarkan data yang telah diolah pada saat post-test kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 72,66 dan setelah diberikan model pembelajaran Inquiry Training saat diadakan post-test kelas eksperimen sebesar 80,33. Peningkatan nilai rata-rata tersebut menandakan bahwa setelah diberikan model pembelajaran Inquiry Training, hasil belajar siswa cenderung meningkat atau jauh lebih baik. Dari uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh dan pada taraf 5%, sehingga hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan bahwa : model pembelajaran Inquiry Training dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Baitul Aziz Bandar Klippa Tembung, diterima. en_US
dc.subject Pengaruh Model Inquiry Training en_US
dc.title Pengaruh Model Inquiry Training Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa SMP Baitul Aziz Bandar Klippa Tembung T.P 2016-2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account