dc.description.abstract |
Kepuasan adalah suatu tanggapan dari konsumen atau pelanggan mengenai
produk yang dihasilkan perusahaan sesuai dengan keinginan dan harapan konsumen
tersebut atau tidak. Banyak faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan
diantaranya kualitas pelayanan dan kualitas produk.
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan
kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan di PT. Sentosa Digital Printing Kota
Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang mencetak di PT.
Sentosa Digital Printing Kota Medan, sampel penelitian 100 pelanggan. Teknik
pengumpulan data menggunakan angket (Questioner) yang diuji validitas dan
reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, regresi berganda,
uji t, uji F dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian ada pengaruh signifikan kualitas pelayanan terhadap
kepuasan pelanggan di PT. Sentosa Digital Printing Kota Medan dengan nilai
thitung7,095>ttabel1,661, ada pengaruh signifikan kualitas produk terhadap kepuasan
pelanggan di PT. Sentosa Digital Printing Kota Medan dengan nilai
thitung39,420>ttabel1,661. Secara simultan, kualitas pelayanan dan kualitas produk
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dengan nilai Fhitung
784,368>Ftabel 3,090. Nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,942 atau
94,2% kontribusi kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan
pelanggan di PT. Sentosa Digital Printing Kota Medan sedangkan sisanya 5,8%
dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti. |
en_US |