Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan peraturan sekolah,
pembentukan karaker kejujuran siswa, dan pengaruh penerapan peraturan sekolah
terhadap pembentukan karakter kejujuran siswa SMP Negeri 3 Medan tahun
pembelajaran 2016-2017.Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP
Negeri 3 Medan tahun pembelajaran 2016-2017 yang berjumlah 144 siswa. Dari
populasi ini ditetapkan 40 siswa sebagai sampel secara probabiliti random kelas
sederhana yakni siswa kelas VIII A. Metode penelitian ini adalah metode
deskriptif teknik analisis korelatif. Alat pengumpul data yang digunakan adalah
angket penerapan peraturan sekolah sebanyak 12 item dan angket pembentukan
karakter kejujuran siswa sebanyak 12 item. Untuk mengetahui pengaruh kedua
variabel maka dilakukan perhitungan menggunakan rumus korelasi “r” Product
Moment sederhana. Untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel X terhadap Y
dihitung berdasarkan uji determinasi. Berdasarkan teknik analisis data ditemukan
hasil penelitian: terdapat pengaruh singnifikan antara penerapan peraturan sekolah
terhadap pembentukan karakter kejujuran siswa. Besarnya pengaruh penerapan
peraturan sekolah terhadap pembentukan karakter siswa adalah 21,20% sedangkan
78,80% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak teramati pada penelitian ini.