Abstract:
Pelayanan adalah seberapa jauh perbedaan antara kenyataan dan harapan
pelanggan atas layanan yang mereka terima/peroleh. Promosi adalah suatu upaya
atau kegiatan perusahaan dalam mempengaruhi konsumen actual maupun
konsumen potensial agar mereka mau melakukan pembelian terhadap produk
yang ditawarkan. Keputusan pembelian dalam tahap evaluasi, konsumen
membentuk preferensi diantara merek-merek dalam kelompok pilihan.
Konsumen mungkin juga membentuk suatu maksud pembelian untuk membeli
merek yang mereka sukai. Keputusan pembelian dapat dipengaruhi diantaranya
kualitas pelayanan dan promosi.
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas
pelayanan terhadap keputusan nasabah pada PT. Bank Tabungan Negara (persero)
Tbk. Cabang Pembantu Setiabudi. Untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap
keputusan nasabah pada PT. Bank Tabungan Negara (persero) Tbk. Cabang
Pembantu Setiabudi. Untuk mengetahui kualitas pelayanan dan promosi terhadap
keputusan nasabah pada PT. Bank Tabungan Negara (persero) Tbk. Cabang
Pembantu Setiabudi.
Penelitian ini menetapkan populasi yaitu nasabah yang menggunakan
KPR, Batara Prima, dan lain-lain pada PT. Bank Tabungan Negara (persero) Tbk.
Cabang Pembantu Setiabudi. Sampel diambil sampel aksidental / kebetulan
sebanyak ( 10x10 ) = 100 nasabah ( responden ).
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket ( questioner )
dan wawancara ( interview ). Sedangkan teknik analisis data yang digunakan
adalah uji asumsi klasik, regresi berganda, uji t, uji F dan Koefesien Determinasi.
Persamaan regresi ganda Y = 39.415 + 0.227 X1 + 0.034 X2 Persamaan
tersebut memperlihatkan bahwa tidak semua variable bebas (Kualitas pelayanan
dan promosi) mempunyai pengaruh yang searah terhadap variable Y (Keputusan
nasabah). Variable kualitas pelayanan (X1) memiliki kontribusi relatife terhadap
keputusan nasabah dimana thitung > ttabel (3.814 > 1.660). Tidak ada pengaruh
promosi (X2) terhadap keputusan thitung > ttabel (-.721 < 1.660). Dari uji F diperoleh
7.463 dengan Sig 0.000 < α0.05 atau Fhitung > Ftabel (7.463 > 3.09) Kualitas
pelayanan (X1) dan promosi (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap Y
(keputusan nasabah) pada taraf α0.05