Abstract:
Komunikasi merupakan peran penting dalam sebuah lembaga, perusahaan
ataupun organisasi. Kegiatan komunikasi secara sederhana tidak hanya sekedar
menyampaikan informasi tetapi juga mengandung unsur persuasif yakni agar
orang lain bersedia menerima suatu pemahaman dan pengaruh maupun melakukan
suatu perintah, bujukan dan sebagainya.
Public Relations sangat penting bagi perusahaan, terutama dalam menjalin
hubungan baik dengan stakeholder. Stakeholder merupakan pihak yang
mempengaruhi organisasi, serta pihak yang terkena dampak dari perusahaan.
Public relations menjadi suatu divisi yang penting dalam suatu perusahaan
terutama dalam meningkatkan corporate image. Oleh sebab itu public relations
dibutuhkan untuk menjadi penghubung dan mengendalikan aliran sistem
komunikasi.
Citra merupakan salah satu aset penting bagi organisasi yang selayaknya
harus terus menerus dibangun dan dipelihara. Citra yang baik merupakan salah
satu alat yang penting, bukan hanya untuk menilai sejauh mana citra perusahaan
dimata stakeholder melainkan juga dapat memperbaiki sikap kepuasan
stakeholder terhadap perusahaan.
Salah satu alat yang digunakan untuk melihat kinerja perusahaan adalah
melalui Citra Perusahaan atau Corporate Image Index. Coporate Image Index
adalah nilai persepsi dari stakeholder terhadap suatu perusahaan. Maka dari itu,
penulis tertarik untuk meneliti bagaimana efektifitas corporate image index 2016
PT. Pelindo I terhadap stakeholder perusahaan.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas
Corporate Image Index 2016 PT. Pelindo I terhadap kepuasan stakeholder
perusahaan.
Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitiaan ini adalah metode
deskriptif kuantitatif, dimana data diperoleh dengan metode menyebarkan angket.
Sampel yang diambil dari penelitian ini berjumlah 67 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektifitas corporate image index
2016 PT. Pelindo I terhadap kepuasan stakeholder perusahaan sangat baik sesuai
dengan hasil jawaban responden dari kuesioner yang dibagikan.