Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan layanan
bimbingan kelompok dalam mengubah persepsi siswa tentang profesi guru BK
pada siswa kelas XI SMA Ar-Rahman Medan. Subjek dalam penelitian ini
sebanyak 10 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan
menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Dari hasil analisis data dengan menggunakan observasi dan wawancara dapat
mengubah persepsi siswa tentang profesi guru BK pada siswa kelas XI yang telah
di capai mendapat perbuahan dengan penerapan layanan bimbingan kelompok.
Dengan demikian penerapan layanan bimbingan kelompok dapat mengubah
persepsi siswa tentang profesi guru BK pada siswa kelas XI SMA Ar-Rahman
Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Hal ini dapat dilihat dengan adanya
perubahan pada setiap pertemuan yang mengarah kepada Pengembangan
kemampuan berdiskusi siswa dalam berpartisipasi dalam suatu kelompok belajar
atau kelompok diskusi.