DSpace Repository

Analisis Faktor yang Mempengaruhi Efektivitas Belajar Matematika pada Siswa SMP Al-Hidayah Medan T.P 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Ramadani, Yulia Sri
dc.date.accessioned 2020-11-17T08:47:13Z
dc.date.available 2020-11-17T08:47:13Z
dc.date.issued 2017-10
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12865
dc.description.abstract Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah kompetensi, mempengaruhi efektivitas belajar matematika pada siswa SMP Al-Hidayah Medan T.P 2017/2018. Untuk mengetahui apakah fokus pada pelajaran mempengaruhi efektivitas belajar matematika pada siswa SMP Al-Hidayah Medan T.P 2017/2018.Untuk mengetahui apakah hubungan guru dengan siswa mempengaruhi efektivitas belajar matematika pada siswa SMP Al-Hidayah Medan T.P 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Al-Hidayah Medan yang terdiri dari 75 siswa. Sampel dari penelitian ini yaitu siswa kelas VIIa dan VIIb yang berjumlah 75 orang.0 Variabel bebas (X) adalah faktor yang mempengaruhi efektivitas belajar matematika pada siswa yang terdiri dari 5 variabel yaitu Kompetensi siswa (X1), Fokus pada pelajaran (X2) , Motivasi belajar (X3), Hubungan guru dengan siswa (X4), dan Cara belajr siswa (X5). Pada penelitian yang dilakukan oleh penulis, Variabel Dependen (Y) adalah Efektivitas Belajar Matematika. Dari penelitian diperoleh hasil nilai component matriks untuk faktor kompetensi (faktor 1 adalah 0,830 dan faktor 2 adalah -0,112), faktor fokus pada pelajaran (faktor 1 adalah -0,390 dan faktor 2 adalah 0,790), faktor hubungan guru dengan siswa (faktor 1 adalah 0,645 dan faktor 2 adalah -0,494), faktor motivasi belajar (faktor 1 adalah 0,593 dan faktor 2 adalah 0,407) dan variabel cara belajar siswa (factor 1 adalah 0,627 dan factor 2,446). Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa faktor kompetensi, faktor fokus pada pelajaran, faktor hubungan guru dengan siswa, motivasi belajar dan cara belajar siswa berada pada faktor pertama yang mempengaruhi efektivitas belajar matematika siswa dikarenakan nilai component matriks faktor pertamanya lebih besar dari faktor kedua. Sedangkan variabel fokus pada pelajaran berada di factor kedua dikarenakan nilai component matriks factor keduanya lebih besar dari factor pertama. en_US
dc.subject aktor yang Mempengaruhi Efektivitas Belajar Matematika en_US
dc.title Analisis Faktor yang Mempengaruhi Efektivitas Belajar Matematika pada Siswa SMP Al-Hidayah Medan T.P 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account