Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah faktor-faktor yang mempengaruhi
minat belajar matematika pada siswa SMP Swasta Washliyani Martubung Medan dan
untuk menganalisis faktor manakah yang lebih dominan yang mempengaruhi minat
belajar matematika pada siswa SMP Swasta Washliyani Martubung Medan T.P
2016/2017. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket Penelitian
ini dilakukan pada siswa kelas VIII-II yang berjumlah 40 siswa. Teknik analisis data
yaitu uji normalitas dan analisis faktor.Dari hasil analisis diperoleh Hasil nilai
component matriks untuk variabel kepribadian (faktor 1 adalah 0,913 dan faktor 2
adalah -0,117), variabel bakat (faktor 1 adalah 0,904 dan faktor 2 adalah 0,26),
variabel motivasi (faktor 1 adalah 0,891 dan faktor 2 adalah 0,001), variabel aktivitas
(faktor 1 adalah 0,524 dan faktor 2 adalah 0,782), variabel cara belajar (faktor 1
adalah 0,663 dan faktor 2 adalah -4,96). Dari hasil penelitian tersebut dapat
disimpulkan bahwa variabel kepribadian, bakat, motivasi, aktivitas, dan cara belajar
berada faktor pertama yang mempengaruhi minat belajar matematika siswa
dikarenakan nilai component matriks faktor pertama lebih besar dari faktor
kedua.Sehingga peneliti menyimpulkan bahwasannya faktor utama yang paling
dominan mempengaruhi minat belajar matematika siswa adalah faktor yang memiliki
nilai yang tertinggi yaitu variabel kepribadian (faktor 1 adalah 0,913). Hal ini
menunjukkan bahwa sebagian besar minat belajar matematika siswa dipengaruhi oleh
kepriadian siswa itu sendiri, maka kepada guru agar senantiasa membangkitkan minat
belajar matematika siswa melalui pengembangan faktor-faktor yang
mempengaruhinya dalam setiap pembelajaran terutama pada kepribadian siswa.