DSpace Repository

Upaya Mengingkatkan Hasil Menghafal Do‟A Iftitah Menggunakan Metode Demonstrasi Di Kelas II SDN 050662 Perdamaian Kab.Langkat

Show simple item record

dc.contributor.author Wardani
dc.date.accessioned 2020-11-17T08:20:59Z
dc.date.available 2020-11-17T08:20:59Z
dc.date.issued 2017-02-01
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12807
dc.description.abstract Sholat adalah amalan utama umat islam, karena sholat yang baik dapat mencegah perbuatan keji dan mungkar. Dalam rangkaian sholat terdapat bacaan Do‟a iftitah dan membaca do‟a iftitah merupakan salah satu keutamaan sunnah dalam sholat. Di dalam membaca do‟a iftitah, jika dilihat dari arti bacaannya terdapat beberapa faedah diantaranya ialah supaya sholat yang dilaksanakan menjadi semakin khusuk dan terhindar dari kesalahan dalam sholat serta pembersih hati saat mengerjakan sholat.Tetapi agaknya bagi siswa sekolah dasar mengerjakan sholat menjadi hal yang sulit di lakukan dikarenakan bacaan-bacaan sholat yang teramat panjang terutama do‟a iftitah. Akibatnya siswa jadi malas mengerjakan sholat. Dampak lebih buruk lagi hasil belajar mengenai hafalan siswa menjadi menurun terlebih pada pelajaran hafalan do‟a Iftitah Maka dari itu perlu adanya pembelajaran menghafal do‟a Iftitah dengan metode yang langsung di praktikkan oleh guru dan di ikuti siswa, metode yang digunakan yaitu metode Demonstrasi, karana metode demonstrasi di rasa cukup efektif untuk materi hafalan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II pada Sekolah Dasar Negeri 050662 Perdamaian Kab.Langkat tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru, dan kepala sekolah. Prosedur penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif untuk mendapatkan data dan analisis melalui observasi dan dokumentasi. Pelaksaan penelitian dilakukan melalui dua siklus yang dirancang secara sistematis dengan beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian bahwa ada peningkatan hasil belajar menghafal do‟a iftitah siswa menggunakan Metode Demonstrasi yakni siklus 1 sampai siklus 2 dapat dilihat bahwa adanya peningkatan yaitu pada siklus 1 hasil belajar menghafal do‟a iftitah siswa meningkat 60%, pada siklus 2 hasil belajar menghafal do‟a iftitah siswa meningkat sampai 86%. Dari hasil pelaksanaan PTK siklus pertama dan dua dapat disimpulkan bahwa dengan melalui Metode Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar menghafal do‟a iftitah siswa. en_US
dc.subject Sholat en_US
dc.subject Belajar en_US
dc.title Upaya Mengingkatkan Hasil Menghafal Do‟A Iftitah Menggunakan Metode Demonstrasi Di Kelas II SDN 050662 Perdamaian Kab.Langkat en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account